Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kezaliman Masa Lalu

Kezaliman Masa Lalu
Kezaliman Masa Lalu

PERTANYAAN

Semoga Allah senantiasa menjaga ustaz Syafiq Riza Basalamah

Kalau kita pernah berbuat zalim kepada orang lain dan alhamdulillah sekarang sudah mulai berbenah diri. Ingin sekali rasanya meminta maaf kepada yang bersangkutan, hanya saja qadarullah alamatnya sudah tidak tahu di mana dan iapun

tak bisa dihubungi.

Bagaimana menghadapi kondisi seperti ini, Ustaz?

JAWABAN USTADZ

Allahu Akbar

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama bersabda, “Kezaliman adalah kegelapan di hari kiamat.”

(HR Bukhari 2447).

Karena kuburan adalah awal dari persinggahan sebelum ke hari kiamat. Maka boleh jadi kezaliman tadi akan menjadi kegelapan di dalam kubur seseorang.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama memerintahkan kepada para sahabat untuk menuntaskan hak-hak yang berkaitan dengan sesama manusia, sebelum datangnya hari di mana harta dan anak-anak tidak lagi berguna.

Lantas bagaimana jika sudah terlanjur berbuat zalim kepada sesama?

Upayakan sebisa mungkin meminta maaf kepada mereka secara langsung. Jika sudah tidak bisa ditemui sebagaimana kondisi penanya, maka doakan mereka dengan doa-doa kebaikan lalu perbanyak sedekah.

Kenapa harus sedekah? Sebagaimana anjuran Nabi shallallahu 'alaihi wasallama kepada para wanita dalam salah satu hadis beliau.

Akan tetapi jika berkaitan dengan harta, usahakan agar hal tersebut tertunaikan. Baik kepada yang bersangkutan secara langsung maupun ahli warisnya.

Jika tidak memungkinkan, sedekahkan mengatasnamakan yang bersangkutan. Semoga sedekah ini menjadi peringan kesalahan-kesalahan kita kepada sesama.

Semoga Allah limpahkan taufik kepada kita semua.

Posting Komentar untuk "Kezaliman Masa Lalu"