Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Sahabat Mulia Ammar Bin Yasir

Kita akan membahas sedikit sejarah dari Sahabat yang Mulia Ammar bin Yasir radhiallahu'anhu.

  • Ammar bin Yasir ayahnya yaitu Yasir bin Amir bin Malik al-Madzhiji al-Ansi Abul Yaqzhan.
  • Ammar bin Yasir kunyahnya Abu Yaqzan.
  • Ayahnya Ammar bin Yasir yaitu Yasir berasal dari Yaman asli.

Disebutkan bahwasanya orang tuanya Yasir datang ke Mekkah bersama dua saudaranya untuk mencari saudara mereka yang ke empat yang mereka kehilangan saudaranya yang ke empat tersebut.

Beranghkatlah mereka bertiga menuju ke kota Mekkah, diantaranya Yasir. Kemudian akhirnya dua saudafanya Yasir balik ke Yaman, tinggal Yasir di Mekkah.

Mekkah ketika itu adalah kota yang sangat menarik, pusat perdagangan, pusat religi. Ada Ka'bah dan ada 360 berhala disekitarnya. Makanya disebut Ummu Quro, maka siapa yang datang ke Mekkah bisanya betah di Mekkah.

Dan Yasir akhirnya tinggal di Mekkah. Dan siapa yang datang ke Mekkah ketika iti dia harus punya sekutu, dan Yasir mengambil persekutuan dengan Abu Hudzaifah al-Makhzumi dari Bani Makhzum yaitu Kabilahnya Abu Jahal. Akhirnya Abu Hudzaifah menikahkan Yasir dengan budak perempuan miliknya yang bernama Sumayyah bintu Khayyat.

Ketika itu mereka masih kafir seluruhnya, sampai lahirlah Ammar bin Yasir. Ammar ketika lahir sebagai budak karena ibunya budak milik dari Abu Hudzaifah. Akhirnya Abu Hudzaifah dimerdekakanlah Summayah dan putranya Ammar bin Yasir.

Makanya Ammar dikatakan Maula Bani Makhzum yaitu dia dahulu budak kemudian dimerdekakan oleh salah seorang Bani Makhzum yaitu Hudzaifah. Dan mereka tinggal bersama Abu Hudzaifah sampai Abu Hudzaifah meninggal. Kemudian datanglah dakwah dan Islam masuk ke kota Mekkah di bawa oleh Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wasallam.

Akhirnya merekapun semua masuk Islam, Yasir, Summayah dan Ammar.

Kapan lahirnya Ammar bin Yasir.

Beliau wafat tahun 37 hijriah, disebutkan dalam sejarah umur beliau sekitar 93 atau 94 tahun. Sementara Nabi Shalallahu'alaihi wasallam meninggal sekitar tahun 11 Hijriah sekitar usia 63 tahun. Kalau ditarik mundur umur Ammar bin Yasir lebih tua beberapa tahun dari umur Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wasallam.

Tulisan : Hamba Allah 

Posting Komentar untuk "Kisah Sahabat Mulia Ammar Bin Yasir"